Mempercepat loading blog, serta cara mengukur dan mengetahui kecepatan loadingnya


Setelah selesai membuat blog, tentu kita ingin agar blog kita ramai dikunjungi. Trafik yang tinggi tentu akan membuat kita makin bersemangat untuk ngeblog, makin membuat kita semakin rajin menulis/membuat artikel…karena kita senang banyak yang membaca artikel kita.

Tapi untuk membuat blog kita, agar selalu didatangi pengunjung…, paling tidak blog kita harus memiliki 3 hal yang menjadi dasar untuk disukai pengunjung. Ke tiga hal utama itu adalah.., pertama desain yang menarik, kemudian konten/artikel yang juga menarik dan bermanfaat, dan terakhir adalah loading yang cepat.

Kecepatan loading blog, sangat mempengaruhi pengunjung untuk selalu datang ke blog kita. Bila loading blognya payah,…maka untuk selanjutnya mungkin akan menyebabkan mereka malas untuk mengunjungi blog kita lagi. Seperti kita ketahui, kecepatan koneksi internet berbeda-beda…, nah jika ada pengunjung yang menggunakan koneksi yang lambat, tentu akan malas mengunjungi blog kita jika loadingnya saja memakan waktu bermenit-menit. Belum blognya terbuka,…wush mereka sudah kabur duluan.

Untuk mempercepat loading blog ini, kita dapat mengatasinya dengan beberapa cara, diantaranya:
- Tidak terlalu banyak memasang widget, terutama widget2 yang tidak terlalu penting.
- Tidak terlalu banyak menampilkan gambar pada postingan.
- Mengatur halaman depan/home, dengan tidak terlalu banyak menampilkan jumlah postingan di halaman depan/home.

Dan untuk mengetahui ataupun mengukur kecepatan blog kita, dapat dilakukan dengan cara mengunjungi beberapa layanan pengukur kecepatan loading blog berikut ini.
  • iwebtool speedtest : Kita tinggal memasukkan URL blog maka akan tahu berapa ukuran blog kita serta lama loading blog kita.
  •  
  • Pingdom: Hasilnya lebih akurat, karena nanti akan ditampilkan lama loading setiap elemen di dalam blog kita, serta mengetahui jumlah elemen yang terpasang di dalam blog misal CSS, Image, Script, dll.
  •  
  • Stopwatch: Mengukur waktu loading blog / time seperti mengukur waktu dengan stopwacth
  •  
  • WebsiteOptimization.com : Hasilnya akan lebih akurat dan bisa dijadikan sebagai bahan Optimalisasi blog kita, karena di dalamnya ditampilkan analisa mengenai blog kita sehingga mungkin dapat kita jadikan acuan dan motivasi untuk lebih baik kedepannya.
Coba ukur kecepatan blognya disana, dan lihat apakah cukup cepat loadingnya…, sehingga akan selalu membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi blog kita.

thanks,

0 Response to "Mempercepat loading blog, serta cara mengukur dan mengetahui kecepatan loadingnya"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.