Taj Mahal, satu dari tujuh keajaiban dunia sebagai lambang cinta abadi



Taj Mahal yang merupakan kompleks pemakaman di bangun dengan memadukan gaya arsitektur Persia,Turki, Islam dan India. Mahakarya manusia yang masih dikagumi hingga saat ini tersebut dibangun tahun 1632-1648 dan terletak di kota Agra, sebuah kota kecil di Negara Bagian Uttar Pradesh yang berjarak sekitar 200 kilometer di selatan New Delhi, India.

Perlambang keabadian cinta tersebut dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya Arjumand Bano Begum atau Mumtaz Mahal. Monumen ini dibangun dengan niatan untuk mengenang istri yang paling dicintainya yang meninggal saat melahirkan anak mereka yang ke-14 . Taj Mahal yang berarti Istana Mahkota , dibangun oleh 20.000 pekerja dengan menggunakan bahan-bahan bangunan terbaik dari berbagai wilayah di India, Asia Tengah, dan China. 

Material utama bangunan berupa marmer putih dan batu merah yang didatangkan dengan menggunakan 1.000 gajah.

Kompleks bangunan memiliki lima bagian utama yaitu, darwaza ( gerbang utama ), bageecha ( taman ), masjid, naqqar khana / jawab ( rumah peristirahatan ) dan rauza ( musoleum ) sebagai pusat dari seluruh bangunan yang ada. Dinding utama bangunan dihiasi denagn kaligrafi ayat-ayat suci Al Quran serta mukiran dengan motif geometris dan bunga.

Darwaza sebagai gerbang utama , merupakan satu-satunya pintu masuk menuju mausoleum.

Rauza yang merupakan bangunan utama memiliki empat menara utama di setiap sudutnya. Makam Mumtaz Mahal terletak tepat dibawah kubah mausoleum , sedangkan makam Shah Jahan berada di sebelah barat makam Mumtaz Mahal.

Masjid terletak disebelah barat mausoleum dengan kolam tempat wudhu berada didepannya.

Naqqar khana berada disebelah timur mausoleum, bangunan yang menggunakan batu merah yang didatangkan dari Fatehpur Sikri di Uttar Pradesh.

Setelah 4 abad berdiri, Taj Mahal yang berada ditepi sungai Yamuna, tetap di kagumi seluruh dunia. Bahkan , statusnya sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia tetap bertahan melintasi ruang dan waktu.



Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.