Ibadah qurban, makna dan rahasia dibaliknya

Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT kepada hambaNya pasti terkandung hikmah didalamnya, tidak terkecuali ibadah qurban. Kalau kita resapi , banyak makna yang terkandung didalam ibadah qurban ini yang dapat membuat kita merenungi maksud dan tujuan-tujuan baik yang terkandung didalamnya.
Jika digali lebih dalam ada beberapa hal yang terkandung didalamnya, antara lain :

1. Menegaskan konsep ketauhidan
Sebagaimana yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh nabi Ibrahim as. dan putranya Ismail as. bahwa “Tiada tuhan selain Allah “yang harus kita jadikan sandaran dalam hidup ini.

2. Mengajarkan untuk berjiwa sosial dan memotivasi untuk kaya
Ibadah qurban mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama yang hidup jauh dari keberuntungan, memotivasi kita untuk bekerja keras dan menabung.
Dengan bekerja keras dan mendapatkan materi yang cukup, tentu kita dapat mejalankan ibadah qurban dan berbagi dengan sesama yang kurang beruntung.


3. Menguji tingkat ketakwaan
Dalam menjalankan ibadah ini apakah terbersit rasa sayang atau enggan, karena mahalnya kurban yang ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Hasil gambar untuk gambar ibadah qurban

Tentunya itu hanya sebagian dari makna dan rahasia yang terkandung dari ibadah qurban. Tidak ada yang sia-sia dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan kepada manusia.

0 Response to "Ibadah qurban, makna dan rahasia dibaliknya"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.