Banyak ditemukan planet yang mirip dengan bumi





Ternyata para astronom makin banyak menemukan ratusan planet yang menyerupai planet Jupiter, di galaksi Bimasakti. Hal ini  menjadi kabar gembira dan bisa memberikan harapan bahwa tentunya akan ditemukan planet-planet yang berbatu dan memiliki air seperti di bumi.

Dimitar Sasselov, seorang astronom dari Harvard University, mengatakan bahwa sejumlah planet berbatu tersebut memiliki massa yang lebih besar daripada Bumi. Karenanya p[lanet tersebut dinamakan Super-Earths atau  Super-Bumi yang mencerminkan massa mereka.

"Bahkan planet-planet yang memiliki massa 2 hingga 10 kali massa Bumi tersebut dapat lebih untuk menjamin kehidupan berkelanjutan." lanjut Sasselov. Karena massa planet berhubungan dengan tektonik. Semakin besar sebuah planet, akan lebih banyak aktivitas tektoniknya, seperti gempa.

http://www.wired.com/images_blogs/wiredscience/2009/10/exoplanet.jpg

Para ahli meyakini, gerakan tektonik berguna untuk melepaskan karbon yang ada didalam batu. Bila karbon terlalu banyak, akan menyebabkan pemanasan global. Sebaliknya, bila karbon terlalu sedikit, maka planet akan menjadi dingin.

Penemuan Super-Bumi tersebut berkat berbagai misi astronomi, seperti yang biasa dilakukan oleh teleskop luar angkasa Kepler pada tahun ini.

Susselov memperkirakan akan ditemukan kembali ratusan planet lainnya yang menyerupai Bumi, di galaksi Bimasakti. "Dalam 5-10 tahun kedepan kita akan kembali menemukan 50-100 Super-Bumi." ujarnya.

Ada orangnya tidak mas Susselov ?
Kalau ada.., barangkali kita bisa berkunjung kesana.....


thanks,





2 Responses to "Banyak ditemukan planet yang mirip dengan bumi"

  1. Alangkah mubazir jagad raya yg luas ini ya jika di antara planet, tata surya dan galaxi yg jutaan bahkan milyaran jumlahnya itu tidak dihuni oleh semacam makhluk yg serupa manusia bumi.

    BalasHapus
  2. menarik nih. semakin canggih aja ilmu astronomi sekarang ya. saya yakin di sana ada kehidupan.

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.