Tentang domain dan hosting


Hari ini saya mulai menulis untuk postingan blog ini. Setelah kemarin sibuk dengan mengutak-atik blog yang baru ini. Blog ini saya terbitkan/buat setelah kemarin-kemarin saya mendapatkan domain dan hosting berbayar, yang kebetulan saya beli disini.

Nah, karena saya baru membeli domain dan memakai hosting yang berbayar ini, maka untuk postingan yang pertama ini saya akan bahas sedikit tentang domain dan hosting.

Kita langsung saja ya…..

Apa itu domain ?
Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Jika seseorang ingin mengunjungi sebuah website, maka dia harus mengetikkan domain wesite tersebut pada browse/mesin pencari, untuk dapat sampai ke website tersebut.
Domain ini terdiri dari nama pengenal dan extension. Misalkan danialadnan.com, maka danialadnan adalah nama dan .com adalah extensionnya.
Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs “Suggestions”. Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).

Tips dalam memilih nama domain
1. Pilih yang simpel dan mudah diingat
2. Pilih nama yang sesuai mewakili isi dan tujuan dari website anda, untuk mempermudah orang mengingatnya.
3. Usahakan menggunakan nama yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
5. Usahakan pilih domain .com
6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Apakah hosting itu ?
Hosting adalah tempat meletakkan file-file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website bisa ditampilkan, maka file-file website perlu simpan di sebuah server hosting.
Sama juga seperti domain, hosting ada yang gratis dan berbayar’

Hal yang perlu diperkatikan dalam memilih hosting

1.
Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan.

2. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk .

3. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website.

4. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting.

5. Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.

Sepertinya saya cukupkan dulu postingan ini, dan jika anda berminat untuk membeli domain, coba meluncur ke dijaminmurah.com, saya mendapatkan layanan yang baik disana.


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.