Millau Bridge,Jembatan Tertinggi Di Dunia


Millau Bridge adalah jembatan kabel yang membentang diatas lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Millau termasuk jembatan tertinggi di dunia, dengan satu puncak di dermaga 343 meter (1.125 kaki), sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 38 m (125 kaki ) lebih pendek dari Gedung Empire State.

Jembatan Millau dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux bekerjasama dengan arsitek Inggris Norman Foster. Jembatan ini merupakan bagian dari autoroute A75-A71 sumbu dari Paris ke Montpellier.
Jembatan ini juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi melindungi mobil dari hembusan angin. Foto jembatan tertinggi di dunia Millau Bridge yang mulai dibangun pada tahun 2001 dan dibuka secara resmi 14 Desember 2004. Biaya konstruksi adalah sekitar € 400 juta






Diresmikan pada tanggal 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas umum dua hari kemudian.




Fakta-fakta mengenai jembatan ini :
1) Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia: tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter.
2) Tiang jembatannya tertinggi di dunia: puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2.
3) Jalan raya jembatan tertinggi di dunia: terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki.



 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.