Mengajarkan adik perkalian 9


Kemarin sore ketika keluar rumah saya melihat sekelompok adik-adik kecil sedang bermain kelereng. Mereka adalah anak-anak tetangga disekitaran rumah. Saya langsung mendekati , dan melihat mereka yang sedang bermain gundu tersebut. Yah…, sambil mengenang masa lalu , waktu masih suka bermain kelereng.
Selesai bermain , mereka menghitung kelerengnya…..he…he , lucu lho kalau melihat-lihat adik-adik tersebut menghitung jumlah kelerengnya.

Karena asik hitung-hitungan , sekalian saja saya ajak mereka main hitung-hitungan mulai dari penambahan, pengurangan sampai perkalian.

Ternyata banyak juga lho diantara mereka yang masih bingung dengan perkalian, …jadi saya ajarkan sedikit tentang perkalian , terutama perkalian 9 yang memang mudah …karena ada cara yang mudah untuk menghitungnya.

Setelah saya ajarkan mereka menjadi senang dan mempraktekkan yang saya ajarkan tersebut. (…waktu kecil, saya juga diajarin begitu ).
Mau tau caranya…, agar adik kamu lancar perkalian 9 nya.
Mis : 3 x 9 = ?


Begini caranya , angkat kedua telapak tangan kamu , kemudian hitung <> sampai tiga, sampai hitungan ketiga…tekuk jari kamu ( jari tengah ). Nah , sekarang ada dua bagian yang terpisah…(2) jari dan (7) jari yang dipisahkan oleh jari yang tertekuk. Jadi hasil perkalian 3x9 adalah 27. Begitu juga dengan perkalian lainnya (perkalian 9 ).

Ayo…, kasih tau adiknya…agar perkalian 9 nya lancar.

Tambahan nih Uniknya perkalian 9

Jika angka-angka dari hasil perkalian 9 dijumlahkan , maka hasilnya adalah 9.

Mis : 123 x 9 = 1107
Maka 1 + 1 + 0 + 7 = 9




Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.