Peluncuran Toyota TF109

http://www.channel4.com/4car/media/homepage/2009/02-medium/toyota-tf109-f1.jpgToyota menjadi team F1 kedua yang meluncurkan mobil barunya. TF109, kode mobil tersebut, diperkenalkan dengan cara yang sangat sederhana dan efisien. Lewat internet ( visual ), disusul dengan mengeluarkan rilis resmi ke semua perwakilan media diberbagai penjuru dunia.

Toyota TF109 terlihat sangat jauh berbeda dengan pendahulunya TF108, yang dipakai balapan musim lalu. Ini karena aturan baru yang cukup ekstrem, mengubah dimensi sayap depan dan belakang, plus membatasi “pernik-pernik” sayap pada bagian samping mobil

Dengan mobil baru ini, muncul pula harapan baru dari tim yang mengandalkan pasangan Jarno Trulli dan Timo Glock tersebut.

Trulli berharap Toyota kembali kompetitif, tampil lebih baik dari musim lalu. Tahun lalu Trulli berhasil naik podium sekali, sukses pertama masuk tiga besar sejak 2006.
Meski demikian ia enggan menyebut target pasti.

Saking optimisnya, Trulli membayangkan bias bertarung berebut kemenangan memakai TF109. Jarno Trulli, baru pernah menang sekali di Formula1 – GP Monaco tahun 2004 bersama Renault.

Kunci sukses Toyota, kata Trulli, adalah kemampuan beradaptasi dengan regulasi baru. Dengan aturan yang stabil, situasi jadi kompetitif, sulit menemukan keunggulan. Dengan aturan baru , ada peluang bagi tim dibelakang untuk melonjak kedepan. Siapa tahu ini adalah tahun Toyota untuk melakukan itu.

http://www.kleinezeitung.at/system/galleries/upload/0/7/5/1728061/toyota150109gepa_308.jpg

Dalam peluncuran itu, Toyota juga menegaskan niatan untuk bertahan di F1 sampai lama. Presiden tim, John Howett, mengatakan mereka tidak akan mundur meski mendapat tekanan ekonomi. Dengan catatan, F1 terus menjadi seri paling bergengsi dan memberi nilai lebih bagi partisipan.

Tadasi Yamashina, principal F1 Toyota, menegaskan itu. “Manajemen Toyota Motor Corporation selalu memberi semangat kepada kami, supaya kami tidak pernah menyerah. Jadi kami akan terus berjuang untuk menang.” tuturnya.


0 Response to "Peluncuran Toyota TF109"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.