Mencari jalan untuk mengurangi penipuan dalam bisnis internet


“…jangan-jangan scam, …ah, bisnis yang menipu ..
,pernah saya coba, tapi bohong……, saya sudah sering teripu “

Begitu kira-kira komentar dari beberapa teman yang sempat saya dengarkan/baca, baik itu secara online maupun offline.

Mengapa ?
Mungkin memang banyak yang sering tertipu barangkali, atau paling tidak pernah teripu dalam menjalani bisnis ini, atau bisa jadi pernah mendengar pengalaman orang yang tertipu.

Nah, kali ini saya akan mencoba mengajak teman/sahabat, untuk mencoba mengetahui tentang tipu menipu ini dan mungkin bisa mencari pemecahannya.

Benarkah bisnis di internet ‘banyak’ yang menipu ?
Bisnis di internet, sama seperti juga bisnis offline lainnya. Dalam bisnis dunia nyata ( bisnis offline ), saja selalu ada orang menipu. Hanya saja, mungkin karena kemudahannya, banyak oknum yang memanfaatkan kemudahan bisnis dunia maya ini untuk menipu. Dengan kemudahannya untuk membuat perusahaan ( website ), mereka memanfaatkan ketidaktahuan, kurang mengertinya, kepolosan atupun kelalaian orang , untuk mengeruk keuntungaan.

Misalkan kita ambil satu contoh saja. Untuk membuat suatu website/situs Ptc tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan. Nah, ketika seseorang yang memang berniat untuk menipu, dia membuat situs seperti ini, mendapat pengiklan, mendapat member.., mendapatkan baya upgrade dari membernya, sewa referral.., dan ketika sudah mendapatkan keuntungan yang cukup, dia kabur meninggalkan membernya.

Ada satu lagi ( jadi dua donk ), saya pernah baca…, ada salahsatu program bisnis yang menawarkan (dalam promosinya), penghasilan seumur hidup (yang kalau saya perhatikan, maksudnya penghasilan dari program afiliasinya ). Lah, ..coba anda pikir, bagaimana mau seumur hidup, kalau register domainnya cuma satu tahun, terus tidak disambung lagi..he..he

Bagaimana cara mengatasinya ?
Teliti, berhati-hati dan waspada dalam menjalani semua program bisnis yang ada. Ini bisa dilakukan untuk pencegahan secara pribadi. Tapi bagaimana dengan teman-teman yang lain, yang mungkin kurang hati-hati, kurang waspada ataupun kurang mengetahui.Sepertinya diperlukan suatu badan, atau apalah namanya…, yang menjadi rujukan apakah suatu situs layak dipercaya dan terpercaya. Yah ,.. semacam sertifikasi lah. 

Jadi jika seseorang ingin membuat situs bisnis , harus mengajukan kepada badan tersebut agar mendapat sertifikat dapat dipercaya, dan dapat direkomendasikan kepada para pelaku bisnis lainnya.
Mungkin ini dapat dimulai dari mereka yang sudah berpengalaman di bisnis ini untuk merencanakan dan membentuk badan tersebut, yah ..para senior lah, para internet marketer seperti misalnya pak Joko (Joko Susilo), mas Haryo (Haryo Prabowo), Anne Ahira, Cossaranda, Welly Mulia, Tung Desem Waringin, pak Kusuma dll.

Nanti , setelah badan itu terbentuk….., setiap situs bisnis yang ada harus mendapat sertifikasi dari badan tersebut yang menjadi jaminan bagi para pengguna/member bahwa situs tersebut terpercaya.
Nah , barangkali dengan begitu akan semakin sedikit orang yang mencoba untuk menipu dibisnis ini, karena tidak akan mudah lagi untuk membuat website bisnis, ..harus lapor, mencantumkan data-data dll.

Betul tidak kawan.., kayaknya betul sih. Cukup disini dulu ya…
Saya mau lapor pada ke master-master dulu…he..he

0 Response to "Mencari jalan untuk mengurangi penipuan dalam bisnis internet"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.