Mengelola blog secara profesional


imagesNgeblog dapat dijadikan sebagai lahan untuk mendapatkan uang. Ya.., berprofesi sebagai ‘blogger profesional’. Banyak blogger yang berpenghasilan jutaan,… puluhan juta rupiah perbulannya . Hmmm…, tentu pekerjaan yang mengasikkan.., bukan.

Tapi untuk menjadi ‘blogger profesional’, tentu saja tidak mudah. Karena, jika memang ngeblog hendak dijadikan sebagai profesi…, kita harus bersungguh-sungguh dan tentu saja harus mempunyai niat dan keinginan yang kuat.

Ada satu hal yang perlu saya tuliskan sedikit tentang ‘profesi’ ini. Seorang pakar pengembangan diri mengatakan bahwa,…dalam dunia kerja, ada tiga macam tipe pekerja.

Tipe pertama
Tipe ini hanya bekerja sekedar menggugurkan kewajiban saja. Cirinya, tidak mau tahu kesusahan orang lain, datang selambat mungkin, tapi pulang tepat waktu…, malah kadang lebih cepat. Teng and Go,…artinya begitu jam kerja selesai langsung go home.
Menyebalkan, karena mereka kadang tidak pernah tahu bahwa ia adalah beban untuk tempat kerjanya.

Tipe kedua
Golongan ini sudah lebih canggih. Ia tahu apa yang menjadi tanggungjawabnya, mau bekerja lebih dari itu,…asalkan ada bayarannya. Hobinya kasak-kusuk mencari pekerjaan tambahan yang ada honornya.
Tapi sebagian golongan ini biasa menghindari kemajuan, dengan berbagai alasan…seperti, sudah terlalu tua, ilmunya tidak sampai dsb. Keinginan untuk mengembangkan diri sudah terbang entah kemana, tapi kakinya tetap kokoh mengangkangi posisinya agar tidak digantikan orang lain. Golongan ini dapat disebut sebagi tukang, dengan ilmunya yang lumayan.

Tipe ketiga
Golongan ini adalah para professional. Mereka tidak mau bekerja tanpa dibayar, karena memang punya keahlian yang juga diakui oleh perusahaannya.
Dalam bekerja, ia selau berusaha memberikan yang terbaik, bersikap proaktif dan penuh inisiatif dalam menyelesaikan pekerjaannya. Senang menjalin jejaring kerja (networking), agar pekerjaan menjadi cepat selesainya.
Ia sadar, bahwa orang harus berkeringat, sebelum mendapatkan imbalan.

Nah,..dari ketiga golongan tersebut, tentu untuk menjadi blogger professional, kita harus nya menjadi golongan yang ketiga.
Bekerja secara maksimal, memberikan yang terbaik, penuh inisiatif dan proaktif dalam mengelola blog. Menyajikan blog dengan sepenuh hati, berbagi ilmu yang kita ketahui, memberikan tips2 dan info yang berguna bagi pengunjung. Juga disertai dengan posting yang ter-update dan pengelolaan untuk meningkatkan kunjungan.

Sehingga dengan keringat yang telah kita keluarkan,..kita akan mendapatkan imbalan dari banyaknya kunjungan yang kita dapatkan ke blog kita.

thanks,

1 Response to "Mengelola blog secara profesional"

  1. benarrr gan.. i like it.
    kunjungi blog saya ya gan, iwayanferasukma.blogspot.com

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.