10 Tanaman Hias sebagai Penyejuk Ruangan

0 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmuPolusi udara telah banyak dikenal sebagai “silent killer” bagi manusia. Tidak hanya polusi udara di luar ruangan yang mengkontribusi emisi besar beribu – ribu, udara dalam ruangan juga menghasilkan polusi potensial yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius, mulai dari sakit kepala hingga kanker. Sebuah studi mengemukan bahwa sebagian besar dari kita menghabiskan 90% dari waktu berada dalam ruangan kita, maka polusi udara dalam ruangan bisa mengancam kita dengan efek yang lebih berbahaya daripada polusi luar ruangan.


Tanaman hias sangat membantu dalam mengatur suhu di ruangan Anda agar selalu bersih, sehat dan sejuk. Disarankan bahwa satu tanaman harus ada pada 10 meter persegi luas lantai, dengan asumsi ketinggian plafon rata-rata 8 sampai 9 meter. Ini berarti bahwa Anda perlu dua atau tiga tanaman untuk berkontribusi terhadap kualitas udara yang baik di ruang tamu.

Dalam suatu penelitian NASA, terdapat 10  tanaman hias yang paling efektif dalam mengurangi udara yang beracun karena polusi udara dan berkontribusi terhadap kelembaban internal yang seimbang. Sharing Di Sini berikut ini akan berbagi informasi beberapa tanaman hias terbaik dan paling efektif dalam mengurangi polusi udara yang masuk di ruangan khususnya tempat tinggal  Anda.

1. Bambu Palm (Chamaedorea seifritzii), Nama lain yang umum dari Chamaedorea Seifrizii adalah Reed Palm. Jika ditempatkan dalam ruangan, tanaman ini akan tumbuh subur dalam kelembaban tinggi di bawah cahaya menengah. Menanam tanaman ini dalam wadah besar seperti Palm Bambu dapat tumbuh besar, dan kondisi tanah harus memiliki drainase yang baik karena tanaman ini tidak akan tahan terhadap kondisi air yang terlalu banyak, jadi selalu menggunakan pot dengan lubang dan tanah yang mempertahankan penggunaan air tapi mengalir dengan baik. Komposisi terbaik dari tanah adalah: 1 bagian pasir kasar, 2 bagian gambut dan 1 bagian humus.
13 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Bambu Palm
Bambu Palm dikenal sebagai pembersih udara houseplant untuk zat benzena , formaldehida, toluena, dan trichloroethylene.


2. Krisan (Chrysanthemum morifolium), Tanaman ini apabila berbunga sungguh indah sekali. Selain indah bunganya, tanaman ini sangat cocok sekali diletakkan di ruangan. Menempatkan tanaman hias ini di ruangan Anda, maka dapat meningkatkan kualitas udara segar di rumah Anda, karena tanaman ini dapat menyaring zat polutan seperti asap tembakau.
22 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Krisan (Chrysanthemum Morifolium)

Agar tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda bisa meletakkan tanaman ini dengan cukup cahaya matahari tetapi jangan langsung terkena sinar matahari. Serta berikanlah drainase yang cukup jika tanaman tumbuh di pot.


3. Ivy (Hedera helix), zat yang bisa diserap oleh tanaman ini sehingga membuat udara dalam ruangan Anda bersih adalah benzena, formaldehida, TCE, toluena, oktan, terpene (tanaman yang paling efektif untuk menghilangkan benzena menurut NASA)

32 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Ivy (Hedera helix)



4. Ficus (Ficus benjamina), Ficus Benjamina adalah sejenis tanaman hias yang dapat ditanam di ruangan indoor sehingga menjadikan ruangan Anda tampak hidup. Tanaman ini bisa membantu membersihkan udara ruangan yang mengandung amonia, xylene formaldehida dan toluena.
41 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Ficus (Ficus Benjamina)

5. Dracaena Massangeana,  tanaman hias ini merupakan tanaman yang bisa mengurangi kadar benzena dan  formaldehida dalam ruangan ruamh Anda. Bukan hanya benzena dan formaldehida saja , tanaman ini bisa menyaring udara dari kandungan xilena dan toluena. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi akan mati jika terlalu berlebihan terkena cahaya.
51 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Dracaena Massangeana
Jadi apabila Anda ingin merawat tanaman ini, usahakan jangan meletakkan di ruangan yang terlalu banyak cahaya mataharinya. Begitu dengan drainasenya, untuk pemberian airnya juga jangan terlalu berlebihan.

6. Lily (Spathiphyllum), tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang bisa membantu membersihkan ruangan Anda dari zat – zat polutan. Dan bahkan bisa menyaring kontaminan seperti benzena, formaldehida dan trichloroethylene. Apabila Anda menaruh tanaman ini dalam ruangan, spathiphullum dapat membersihkan udara dari polutan tiap 10m persegi ruangan.
6 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Lily (Spathiphyllum)
7. Tradescantia Pallida, tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang dapat menghapus empat senyawa VOC yang paling utama dan umum yaitu benzene, TCE, toluena, oktan, dan alpha-pinene. Tumbuhan ini dapat hidup dalam ruangan dengan suhu rata-rata 55-75 derajat Fahrenheit.
71 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Tradescantia Pallida

8. Hoya Carnosa, tanaman hias yang berasal dari Filipina ini juga bisa menjadi pilihan Anda untuk ditempatkan di ruangan rumah atau kantor agar udara tetap segar dari polusi. Menurut studi di University of Georgia, Hoya Carnosa ini dapat menyerap VOC. VOC adalah senyawa organik yang mudah menguap, biasanya kontaminannya bisa berasal dari barang-barang rumah tangga yaitu karpet, panel kayu, cat, hewan peliharaan, formaldehid, benzena dan toluena. Bisa juga senyawa VOC yang berasal dari buku-buku lama , surat kabar, lilin dan perekat.
8 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Hoya Carnosa

9. Red Ivy (Hemigraphis Alternataa), sama halnya dengan tanaman hias indoor lainnya, tanaman ini juga sangat efektif dalam menghilangkan VOC berbahaya dari udara yang biasanya berasal dari barang-barang rumah tangga. Bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik Anda saja tetapi juga menjadikan ketenangan. Jika Anda menambahkan tanaman hias ini , kesehatan fisik Anda akan meningkat serta juga dapat menjadikan obat penenang Anda dari stress.
9 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Red Ivy (Hemigraphis Alternataa)

10. Spider plant (Chlorophytum comosum, Chlorophytum elatum), merupakan jenis tanaman indoor yang populer di masyarakat, karena perawatannya sangat mudah yaitu dapat tumbuh subur dalam semua kondisi. Tanaman ini ternyata bisa menyaring udara dalam ruangan rumah Anda dari zat – zat polutan, di antaranya formaldehida, karbon dioksida dan karbon monoksida.
10 150x150 10 Tanaman Penyejuk Ruangan   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Spider Plant

thanks,

0 Response to "10 Tanaman Hias sebagai Penyejuk Ruangan"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.