Pertolongan Pertama Anak Kejang Akibat Demam Tinggi

pertolongan pertama kejang karena demam tinggi 500x333 Pertolongan Pertama Anak Kejang Akibat Demam Tinggi   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Beberapa anak beresiko mengalami kejang / step, ketika sakit panas atau demam tinggi. Yang terjadi adalah tubuh anak akan bergerak-gerak sendiri tanpa kendali dalam waktu beberapa detik atau bahkan menit.
Saat anak kejang karena panas, Ibu tentu akan langsung panik dan bingung harus berbuat apa. Kebanyakan para ibu khawatir bahwa kejang pada anak akan menimbulkan kerusakan otak, kelainan-kelainan jangka panjang, bahkan kematian.

Namun, bahaya-bahaya tersebut sebenarnya bisa dicegah jika serangan kejang ini mendapatkan pertolongan pertama yang tepat dan cepat. Untuk itu, sangat penting untuk para orangtua mengetahui tips pertolongan pertama saat anak kejang.

Berikut   tips mudah  dari Vemale.com ketika menolong anak yang sedang kejang-kejang:

1. Letakkan anak di lantai

Anak yang kejang biasanya tubuhnya akan bergerak-gerak tidak beraturan. Karenanya,segera pindahkan anak ke lantai lapang dan jauhkan semua benda dari anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak menendang atau memukul benda-benda keras saat kejang.

2. Baringkan posisi menyamping

Baringkan anak dengan posisi menyamping, jangan terlentang. Bunda juga harus memperhatikan berapa lama si kecil kejang, dari mulainya hingga selesai. Hal ini berguna untuk dilaporkan pada dokter nantinya.

3. Jangan memasukan apapun

Saat kejang, jangan memasukkan apapun pada mulut anak, sekalipun itu hanya air putih biasa. Juga tidak boleh mengguncangnya, menampar, atau mengikat anak. Cara-cara tersebut tidak akan membuat anak sadar. Lebih baik biarkan sampai kejangnya berhenti.

4. Jaga posisi anak

Meski kejang anak sudah berhenti, usahakan agar posisi anak tetap berbaring menyamping dan hadapkan wajah anak ke lantai. Segera bawa anak ke dokter untuk memeriksakan penyebab anak mengalami kejang tersebut.

5. Bawa ke rumah sakit

Jika dalam 5 menit serangan kejang anak tidak berhenti, segera bawa anak ke rumah sakit. Semakin cepat anak mendapatkan penanganan medis, maka akan semakin jelas penyebab kejang anak.
Dan yang paling penting dari kelima hal di atas, para orangtua harus teteap tenang, tidak panik dan segera hubungi dokter, agar semua tertasai dengan tepat.

thanks,

0 Response to "Pertolongan Pertama Anak Kejang Akibat Demam Tinggi"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.