Agar Mata Tetap Sehat

http://ubadbmarko.files.wordpress.com/2008/05/eye2.jpg




1. Jangan menonton televisi telalu lama dan dekat.
Posisi televisi sebaiknya sejajar dengan mata penonton. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pengaruh cahaya yang keluar dari tabung televisi yang amat kuat. Penerangan juga perlu diperhatikan, lampu harus cukup terang dan terletak diatas ruangan, bukan dibelakang televisi. Ambil jarak yang tidak terlalu dekat dengan televisi.


2. Tidak terlalu lama bekerja di depan monitor komputer.
Setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat, agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar monitor denmgan jarak yang terlalu dekat dan waktu yang lama.

- Jarak antar layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sejajar dengan mata.

- Jika sudah terlalu lama, sebaiknya berhenti dulu untuk beberapa saat dan mengedip-ngedipkan mata anda untuk menghindari mata kering.

- Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.

- Sebaiknya menggunakan monitor LCD karena radiasinya lebih rendah dibanding monitor lain.


3. Hindari membaca sambil tiduran.
Jarak yang aman untuk membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Hindari membaca sambil tiduran, dan juga dimalam hari gunakan penerangan yang cukup waktu membaca.



4. Hindari debu dan polusi.
Bagi yang sering beraktivitas di jalan raya, sebaiknya menggunakan pelindung mata, seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bias membuat mata jadi infeksi.


5. Makan makanan bergizi, berserat dan bervitamin A.
Mata membutuhkan asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar mata tetap fit. Biasakan makan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, papaya, dan lain sebagainya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.