Tips: Menghindarkan anak & remaja dari pengaruh buruk internet


Dunia internet, seperti yang kita ketahui semakin berkembang pesat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, internetpun seolah menjadi ‘kebutuhan’ bagi anak2 dan remaja. Dapat kita lihat dari lingkungan sekitar kita, bahwa anak2 dan remaja2 sekarang semakin sering online dan betah duduk berjam-jam didepan layar monitor.

Tapi, dunia internet kadang dimanfaatkan sebagian orang untuk menjalankan bisnis seks dan pencabulan. Dimana biasanya juga pelaku bisnis ini mengincar para anak-anak muda, termasuk anak2 belasan tahun demi kepentingan bisnis mereka.
Sepertinya, di Indonesia bisnis seperti ini juga menjadi surga bagi para pelaku. Mungkin karena memanfaatkan kelemahan Indonesia yang sepertinya kurang punya kepedulian dan kekuatan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya uang , untuk mengatasi hal ini. Selain menghasilkan uang,…situs2 seperti ini menghasilkan lalu lintas pengunjung yang cukup tinggi.

Apalagi sekarang makin marak dengan prostitusi online lho…

Nah.., jika kita sebagai orang tua yang mempunyai anak2 dan remaja yang mulai senang berinternet,..apa yang dapat kita lakukan agar mereka dapat terhindar dari pengaruh buruk internet ?
Beberapa tips dibawah ini dapat anda coba jalankan untuk menghindari pengaruh buruk tersebut.

1.Mengerti tentang internet.
Sebagai orang tua, sudah selayaknya jika anda juga berusaha untuk mengerti tentang internet. Jika tidak paham,..luangkan waktu untuk belajar.
Paling tidak anda harus tahu dan bisa mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, cara mengetahui situs baik dan buruk, cara mencari gambar via Google, dan memutar video You Tube.

2.Tanamkan manfaat dan bahaya internet
Terangkan soal karakteristik para pelaku2 bisnis ‘buruk’ tersebut. Juga tentang terungkapnya kasus2 tentang bisnis tersebut di berbagai Negara.

3.Tidak sembarang memberikan informasi personal
Tekankan kepada anak untuk tidak mudah memberikan informasi personal seperti email dan no. telepon kepada orang yang baru dikenal.

4.Letakkan komputer diruang keluarga
Jangan biarkan anak2 mengakses internet di kamarnya. Usahakan untuk meletakkan komputer pada ruangan yang mudah di kontrol, mis. ruang keluarga .

5.Bimbing kearah kegiatan positif
Arahkan anak2 kekegiatan positif diinternet, misalkan dengan rutin menulis kegiatan sekolahnya, kegiatan dirumah, wisata kuliner dll, dalam sebuah blog.

6.Gunakan software
Jika perlu, manfaatkan software untuk memfilter kegiatan diinternet.
Banyak software yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Anda tinggal mencari lewat mesin pencari.


Demikian beberapa tips yang dapat anda jalankan untuk menghindari pengaruh buruk internet bagi anak anda.


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.