Tidak hanya sekedar tau,..tapi berusaha untuk menjadi pintar



Apa perbedaannya orang pintar dan orang yang hanya sekedar tau ?
Kali ini saya akan mencoba untuk membahas perbedaannya,..tapi sebelumnya baca dulu cerita dibawah ini.

Beberapa hari yang lalu, saya memberitahukan kepada 'adek' tentang bedanya orang yang hanya sekedar tau dengan yang pintar. Setelah dikasih tahu.., eh..beberapa hari ini malah 'si adek' kerjaanya menilai orang. Setiap kali ada orang yang bisa dinilai, dia komentari..., itu orang hanya tau...

Sampai2 pak Lurah yang mobilnya terperosok, juga dikomentarin oleh 'adek'.
"Tuh.., pak Lurah..., sudah tau hujan...licin, tau mobilnya berat,...tau tanahnya lunak/lembek..., eh masih juga lewat sana. Nah berarti Pak Lurah hanya tau yah..., tapi... "begitu katanya.

Eh..,dasar si adek..,dikasih tau biar bisa menjadi lebih pintar..., bukan untuk menilai orang. 

Kembali kemasalah tau dan pintar seperti yang akan kita lihat. Saya tertarik menuliskannya karena seringkali kita menganggap tipis perbedaannya. Kita sering menganggap bahwa tahu itu identik dengan pintar. 
Padahal belum tentu, bisa jadi seseorang hanya sekedar tahu tapi tidak pintar. Karena orang pintar memanfaatkan ke-tahu-annya untuk keuntungan dan hal-hal yang berguna bagi dirinya dan orang banyak.

Jika kita hanya tau, ataupun sekedar tau..., itu tidak membedakan kita dari yang lainnya. Semua orang bisa tau jika dia mau belajar, mau membaca. Tapi tidak semua orang bisa menjadi pintar dengan memanfaatkan ke-tahu-annya.

Kita misalkan saja begini..(maaf, hanya pembanding), tahu mana antara orang pedalaman yang jarang membaca, kurang belajar dll...dengan kita.

Tentu kita akan menganggap kita yang lebih tau. Ya.., memang benar..., karena kita banyak membaca, belajar, menonton tv dan lainnya.

Tapi jika ditanya apakah lebih pintar kita dari mereka ?

Nah.., ini yang belum tentu. Karena mereka sebenarnya hanya kurang tau. Tapi jika mereka mendapatkan kesempatan untuk tahu yang juga seperti kita dapatkan,..bisa jadi mereka ada yang lebih pintar. Karena pintar bukan hanya sekedar tau.., tapi bisa memanfaatkannya untuk kepentingan yang berguna bagi diri dan lingkungannya, juga orang banyak.

Dan hal ini bisa kita manfaatkannya secara maksimal.  Misalnya saja jika kita tau tentang jejaring sosial, facebook, blog dan sebagainya..., kenapa kita tidak berusaha untuk menjadi pintar dan memanfaatkannya untuk mendapatkan manfaatnya bagi kita. Tidak hanya sekedar tau dan hanya menggunakannya untuk hal2 yang tidak terlalu berguna.

Ehm.., sepertinya cukup itu dulu ya. Mudah2 an kita selalu berusaha untuk menjadi lebih pintar dan tidak hanya sekedar tahu.



1 Response to "Tidak hanya sekedar tau,..tapi berusaha untuk menjadi pintar"

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.