Peluncuran Ferrari F60

Ferrari menjadi tim Formula 1 pertama yang meluncurkan mobil edisi 2009. Mobil yang diberi nama F60 itu tampak ramping dan seksi.
Ferrari meluncurkan F60 di Sirkuit Mugello Italia

http://ilsecoloxix.ilsole24ore.com/genova/foto_trattate/2009/01/12/c26cb4dc20f1c863d007ee30d8603b0a--499x285.jpg

Nama mobil yang unik untuk menyimbolkan pencapaian istimewa Ferrari. Angka “60” dipilih untuk menunjukkan

bahwa pasukan Kuda Jingkrak tak pernah absen dalam 60 tahun penyelenggaraan kejuaraan dunia Formula 1.

Mobil ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar F1. Sebab lewat F60 orang bisa mendapat gambaran pasti , seperti apa tampilan baru mobil-mobil 2009. Penggemar berat F1 tentu tahu , ada banyak aturan baru untuk musim baru nanti.

Lewat F60 , Ferrari telah menunjukkan bahwa mobil versi 2009 bisa terlihat cantik dan elegan. Sebelum ini banyak yang khawatir mobil-mobil baru bakal terlihat jelek. Sebab ada banyak aturan tentang bodi mobil. Misalnya sayap depan yang rendah dan lebar, sayap belakang yang kecil dan tinggi, serta larangan pemasangan sayap-sayap dan sirip-sirip ekstra dipunggung dan samping mobil.

http://ilsecoloxix.ilsole24ore.com/genova/foto_trattate/2009/01/12/37cc0f18ae6bab9ccab61493ccc41e40--499x285.jpg
Jauh dari kesan jelek, F60 malah terkesan sangat ramping dan seksi. Hilangnya sayap-sayap tambahan , juga kembalinya ban slick yang polos tanpa alur , membuat mobil ini terkesan minimalis dan elegan.

Biasanya tim-tim F1 masih merahasiakan banyak komponen saat peluncuran pertama mobil. Tapi dengan aturan baru yang membatasi komponen tambahan, kemungkinan besar bentuk final F60 tidak akan banyak berbeda. Mobil ini akan terlihat lebih seksi kalau dilihat dari atas. Bagian sidepod (samping) melengkung mengecil kebelakang. Lekukannya sekilas terlihat seperti lambang cinta.

“Seperti yang anda lihat, mobil ini bukanlah hasil evolusi dari mobil tahun lalu (F2008),” kata Aldo Costa, direktur teknik Ferrari. “ Mobil ini benar-benar baru, dirancang dari kertas putih kosong.” tandasnya.

Saat peluncuran, Costa menjelaskan bahwa F60 dilengkapi dengan sietem Kinetic Energy Recovery System (KERS) . Sistem ini menyimpan energi yang dihasilkan saat pengereman, dan energi itu bisa digunakan untuk membantu akselerasi selama beberapa saat ( fungsinya seperti turbo boost yang bisa membantu menyalip mobil lain di trek lurus ).

Para pembalap Ferrari sendiri mengaku kaget melihat mobil barunya bisa secantik itu. “ Terus terang saya cukup terkejut, mobil ini sangatlah kecil dan compact, khususnya dibagian belakang. Tampilannya cantik. Semoga mobil ini bias melaju sebaik tampilannya.” kata Massa. Pembalap lain Ferrari Kimi Raikkonen juga merasa kagum dengan F60 “ Tampilannya beda, tapi sangat cantik.” ucapnya.


sumber: sumeks


2 Responses to "Peluncuran Ferrari F60"

  1. Anonim17:14

    Keren banget nih mobil, jadi kepengen

    BalasHapus
  2. Anonim01:05

    Kapan ya bisa naik mobil kyak gitu ...

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.