5 Bangunan Struktur Batu Prasejarah Paling Misterius

Dunia yang sangat luas ini masih tersimpan begitu banyak misteri. Sangat banyak peninggalan masa lalu yang hingga kini masih belum terpecahkan, seperti bangunan kuno atau banguna berbatu yang diyakini peninggalan manusia dimasa lalu, pun hingga kini belum terpecahkan. Banyak bangunan berstruktur prasejarah yang masih misterius.
Berbagai pertanyaan muncul, siapa yang membuat bangunan tersebut, untuk siapa dan bagaimana cara mereka membangunnya. Berikut ada 5 bangunan prasejarah paling misterius yang dianggap masih menyimpan banyak fakta yang belum terungkap.
1. Men-an-Tol
Men-an-Tol adalah bangunan kusam dari bebatuan yang dianggap sudah dibuat ribuan tahun yang lalu, Beberapa bangunan prasejarah ini berbentuk tegak dan salah satunya bulat dengan lobang ditengahnya seperti bentuk bawut. Sebahagian orang percaya bahwa bangunan batuan ini adalah bentuk atau simbol pemujaan manusia masa lalu terhadap dewa. Namun, para ilmuwan seperti membantah kepercayaan itu, dan lebih memilih untuk mengatakan bahwa bangunan itu masih misterius dan belum terpecahkan hingga kini. Bangunan Men an tol terletak di CornWall Inggris.
2. Callanish Stones
Callanish Stones adalah formasi batu yang dipajang dengan bentuk tegak-tegak berbetuk melingkar. Batuan ini terletak di Outer Hebrides, Skotlandia. Jumlah batuan tegak ini sebanyak 13 batuan. Hingga sekarang batuan Callanish Stones masih misterius, belum diketahui siapa yang membuatnya dan untuk apa.

3. Gobekli Tepe
Gobekli Tepe adalah susunan bangunan yang dianggap ganjil dan terletak di timur laut Sanliurfa, Turki. Berdasarkan info dari para arkeologi bahwa formasi bangunan tersebut sudah berdiri sejak 11 ribu tahun yang lalu, bahkan ada sebahagian yang mengatakan bahwa bangunan batu ini lebih tua dibandingkan dengan piramida Gizah, Mesir.
Hingga kini masih terjadi simpang siur kebenaran tentang Gobekli Tepe. Para arkeolog masih memperdebatkan fungsi dari struktur tersebut. Ada yang menyebutnya sebagai tempat penimbunan hasil buruan ada pula yang mengatakan sebagai tempat peribadatan.
4. Stonehenge
Bangunan Stonehenge juga merupakan salah satu bangunan misterius yang hingga kini belum terpecahkan apa maksud dan siapa yang membentuknya. Stonehenge terletak di Larkhill, Wiltshire, Inggris. Sebagai hipotesis awal para ilmuwan menyebutkan dengan batuan berumur 2500 SM. Namun pendapat ini terus ada perbaikan dan perubahan.
Bukan hanya tahun pembuatannya saja yang masih misteri, tetapi juga siapa yang membuat dan untuk apa, serta apa fungsinya. Banyak ilmuwan dan orang awam yang percaya bahwa Stonehenge dibuat oleh alien. Karena secara logika tidak mungkin manusia pada waktu itu bisa memindahkan batuan dengan bobotnya mencapai puluhan ton. Beda dengan sekarang yang sudah menggunakan berbagai teknologi dan alat berat.
5. Stone Spheres
Tahun 1940-an lalu sebuah perusahaan asal Amerika Seirkat “united Fruit Company” menemukan banyaknya bola-bola batu bulat dengan ukuran tidak ada yang sama, sebuah kegajilan.
Uniknya, Batuan bulat tersebut benar-benar presisi atau bentuknya sangat bulat tanpa cacat sedikitpun. Bola-bola yang diperkirakan dibuat sekitar 600 M tersebut sampai sekarang masih ada dan tetap menjadi misteri atau masalah yang belum terpecahkan.
Demikianlah benberapa bangunan dan bentuk batuan yang dianggap dibuat oleh makhluk dimasa lalu. Namun hingga kini masih sangat misteri, tidak hanya kapan dibuat, tetapi juga siapa yang membuatnya serta untuk apa. 


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.