Sark, Pulau Tergelap di Dunia

Perkembangan yang kian maju membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah, baik dalam hal teknologi, pertanian, kesehatan dan lain-lain. Begitu juga dengan dunia malam, dengan adanya kemajuan teknologi listrik, maka malam kini semakin terang dan berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah seperti siangnya.
Namun demikian masih saja ada tempat yang sama sekali tidak disentuh oleh listrik sehingga malamnya menjadi gelap gulita. Itulah sebabnya tempat ini dikatakan dengan Sark, pulau tergalap didunia. Sark adalah sebuah pulau di Eropa dimana penduduknya tidak merasakan sinar listrik dan malamnya gelap gulita selama-lama.
Pada zaman feodal, Pulau adalah harta yang sangat berharga yang diwariskan oleh petinggi kepada pengikutnya. Sark Island sendiri diberikan pertama kali oleh oleh Ratu Elizabeth I kepada Seigneur Hellier de Carteret pada tahun 1565 dalam rangka melindunginya dari bajak laut.
Keunikan lain dari pulau SARK ini adalah tidak adanya listrik dan aspal. Semua orang mengendarai sepeda sebagai alat transportasi utama. Bahkan ambulans dan mobil pemadam kebakaran ditarik oleh traktor.
Sark, Pulau Tergelap di Dunia.
Pemandangan gelap seperti bukan satu masalah bagi mereka, karena memang penduduk di pulau sark tersebut tidak mau adanya pencahayaan dimalam hari. Mereka terkadang ada juga yang menggunakan kulkas dengan menggunakan energi listrik, tetapi mereka tetap tidak mau menggunakan lampu untuk menerangi malam hari. Selama ini mereka sudah bekerja keras untuk mempertahankan kehidupan seperti ini dengan baik.
Pada tahun 2011, Sark menjadi pulau pertama di dunia yang berpredikat “Dark Sky Island” dan disertifikasi oleh International Dark Sky Association.
Saat ini, Sark adalah pulau milik seorang insinyur bernama Michael Beaumont, yang membayar hak istimewa tersebut sebesar 1,79 juta poundsterling per tahun. Uniknya, penduduk di pulau SARK ini termasuk dalam kewarganegaraan inggris. Tetapi mereka mempunyai hak tersendiri dengan peraturan sendiri bahkan sampai pajak juga di atur sendiri.
pulau tergelap di dunia
Keunikan pulau tergelap didunia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang suka dengan hal hal yang ektrim. Maka banyaklah turis berdatangan untuk menikmati kehidupan di pulau unik sark yang penduduknya mampu mempertahankan tradisi ini dari zaman masa lalu dengan hidup jauh dari kemajuan.

thanks,

0 Response to "Sark, Pulau Tergelap di Dunia"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.