Karakter pemimpin

Bangsa Indonesia diciptakan oleh Allah Swt, dengan begitu strategis, besar dan berpotensi. Klau kita lihat dan perhatikan Negara-negara tetangga, maka mereka tidak lebih besar dari Indonesia.

Jika peta Indonesia diletakkan di Negara Eropa, maka 13 negara akan tertutup. Kalau kita pindahkan peta Indonesia ke Afrika, maka 8 negara akan tertutup. Cukup aneh Negara sebesar ini selalu terpuruk.Dan yang cukup menyedihkan , komunitas terbesar dinegeri kita adalah umat Islam.

Untuk bisa bangkit dan berubah, kita harus membutuhkan kekuatan keteladanan. Siapaun yang memimpin bangsa ini , kita harus berubah. Tapi jangan harap merubah dan mengendalikan bangsa, jika belum mampu merubah dan mengendalikan diri serta keluarga.

Jauh sebelum Rasulullah memimpin, beliau sudah diberi gelar Al Amin, yaitu seseorang yang sangat kredible. Pemimpin adalah yang memimpin pengikut. Supaya pengikut mau mengikuti pemimpin, maka pengikut harus mempunyai kepercayaan kepada pemimpinnya.

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2008/08/s-11.jpg

Tidak mungkin bangsa ini bergerak kalau rakyat tidak percaya kepada pemimpinnya.

Pemimpin yang kredibel mempunyai sifat :

  1. Jujur- Terpercaya

Bagi orang yang jujur tidak akan pernah ada bohong, dusta dan janji yang tidak ditepati. Tidak ada amanah yang dikhianati, karana waktu dan tenaganya dimaksimalkan untuk kemajuan yang pesat. Orang yang tidak jujur, waktunya akan habis untuk menyembunyikan ketidakjujurannya. Sekali kita bohong, maka bohong itu akan mencuri dan menjadi penjara waktu kita. Orang yang tidak jujur penyebabnya adalah kurangnya iman pada dirinya. Maka jangan sampai kita memilih pemimpin yang tidak mengenal Allah, karena dia akan tertipu oleh dunia.

  1. Cakap- Memuaskan

Semakin banyak kekecewaan karena kesalahan, maka semakin turun kepercayaan. Kalau kita ingin menjadi seorang pemimpin, kita harus memiliki rekam jejak yang baik. Pemimpin suatu kaum adalah pelayan bagi kaum tersebut, sehingga yang terpikir adalah bagaimana kita melayani , bukan dilayani.

  1. Kreatif- Inovatif

Seorang pemimpin yang sat ini dipuji, bolh jadi dalam tempo satu tahun kedepan akan dikutuk, apabila tiodak bias menjadi bagian dari solusi. Kita harus selalu mengembangkan kemampuan diri kita untuk menjadi bagian dari solusi. Sebagai warganegara, kita harus berjuang untuk mengembangkan diri, kreatif dan menjadi bagian dari solusi untuk negeri ini.

Mudah-mudahan Allah mengkaruniakan kepada kita menjadi orang yang jujur terpercaya, cakap memuaskan dan kreatif inovatif dalam rangka mencari solusi bagi negeri ini.

Amin allahumma amin



Ikuti peluang bisnis ini...

KLIK DISINI


Artikel lain :




6 Responses to "Karakter pemimpin"

  1. ada keterangan yang menunjukkan bahwa, tidak ada pemimpin semalam itu lebih berbahaya ketimbang pagi selama 6o tahun, berkah 60 tahun itu ternyata dapat dihilangkan hanya dengan tidak menemukan pemimpin seperti di atas, gmana dong

    BalasHapus
  2. oiya adanya di hadits muslim no 3535

    BalasHapus
  3. Dan melindungi anak buahnya sob...

    BalasHapus
  4. sipp...

    itu yang di perlukan negara tercinta kita ini...

    INDONESIA

    BalasHapus
  5. oke , Itu yang gue Suka

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.