Ngeblog.., dulu dan sekarang ( bedanya bagiku )



Apa kabarnya hari ini sahabat ‘peluangku’ ?
Seperti juga hari-hari sebelumnya dan untuk selanjutnya ….mudah-mudahan tetap sehat dan selalu dalam lindungan Allah.

Dalam beberapa hari terakhir ini, saya mencoba mengevaluasi perkembangan blog ini. Saya lihat dan perhatikan semua yang ada dib log ini, mulai dari artikel, pengunjung, komentar, page rank, alexa, iklan, widget dan lainnya.

Mengapa , sekarang saya lebih memperhatikan blog ini ?
Karena, terus terang sahabat.., saya mengalami sedikit perubahan dalam pandangan dalam membangun blog ini. Nah.., ‘perubahan’ ini sedikit ‘menggangu’ pikiran saya dalam beberapa hari ini.
Saya merasakan sepertinya ada yang salah , dalam hal cara saya membangun dan mengelola blog ini.

Kemarin.., ketika saya mulai membangun blog ini sepertinya hanya satu hal yang saya perhatikan.. Yaitu bagaimana caranya menjadikan blog ini sebagai ‘mesin’.
Ya.., hanya sebagai mesin., …mesin yang akan menghasilkan uang untuk saya.
Didasari dengan pola pemikiran seperti itu, sepertinya saya hanya memperhatikan hal yang berhubungan dengan perkembangan penghasilan dari blog ini. Saya hanya terfokus ke hal tersebut, dan melupakan hal-hal lain.

Seiring dengan bejalannya waktu, saya menyadari bahwa ada yang salah dalam hal menjalankan dan membangun bisnis ini. Ada hal utama yang saya lupakan dalam membangun sebuah bisnis. Hal yang sangat penting…!!! Dan saya menyesal baru menyadarinya sekarang.., tidak dari awal..!!
Apa itu ?
http://www.myspacecutecomments.com/images/friend/Friendship_Animation5.gif
Persahabatan dan kekeluargaan..!!!
Memang kelihatannya sepele, sahabat. Tapi menurut saya ( koq baru disadari..ya ) merupakan dasar yang sangat penting dalam membangun bisnis.
Bukankah dengan kedekatan tersebut akan menimbulkan kepercayaan yang lebih tinggi ?

Saya sendiri juga sebenarnya merasakannya…, Ketika saya mengunjungi blog sahabat ( banyak blog sahabat yang memberikan rasa keterdekatan kepada saya – beberapa diantaranya saya tuliskan di beberapa posting ), ketika saya mampir…, selalu ada dorongan untuk memberikan $$ kepada mereka.
Ataupun ketika saya ingin menjalankan suatu program referral, membeli suatu produk yang ada afiliasinya biasanya selalu lewat link-link mereka.

Bukankah dengan kedekatan tersebut, akan lebih membuat sahabat-sahabat lebih sering dan berulang mengunjungi blog kita ?

Ini yang harus dibangun lebih dahulu……
Memang sih.., PageRank, Alexa…, dan beberapa parameter lainnya penting untuk blog.
Tapi.., persahabatan lebih penting lagi dalam membangun dan membesarkan blog, juga membuat blog kita makin sering dikunjungi. Dan hal tersebut akan membuat bisnis kita berjalan dengan sendirinya.

Betul tidak .., sahabat.
Atau kamu punya ide dan cara yang lain..?
Kasih tau ya…..



Artikel lain:



3 Responses to "Ngeblog.., dulu dan sekarang ( bedanya bagiku )"

  1. dulu aq seperti sahabat juga membina blog hanya kerana uang dan tidak pernah memikirkan persahabatan apatah lagi untuk melakukan blogwalking, akhirnya aq gagal dalam dunia blogging sebanyak 5 kali. tapi aq ngak pernah putus asa terus lagi membina blog dengan azam dan semangat yang baru tanpa memikirkan lagi soal uang. akhirnya aq berjaya dalam dunia blogging walaupun baru mencapai 3 bulan. berjaya bukan kerana aq bisa menjana pendapatan dari blogku tapi kerana aku mempunyai ramai sahabat dari kalangan bloger. sahabat serta silaturrahim yang terikat diantara kami itulah hadiah utama buat blogku yang amat kusanjungi.

    BalasHapus
  2. betul kawan, hidup tanpa persahabatan seperti saku tak ada uangnya, he...he,,. Keep posting yups.

    BalasHapus
  3. gie mampir..mecari sahabat sebanyaknya..dan meminimalkan rasa permusuhan

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar disini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami pada halaman ini.